Profil

Sejarah

C.K. Prahalad dan Garry Hamel (1994) dalam ungkapan terkenal "IF you don´t learn you don´t change, If you don´t change, you will be die. Memaknai kalimat tersebut, menggugah nuansa cakrawala hati nurani untuk senantiasa belajar berbuat yang terbaik, dimanapun dan dengan siapapun berkarya, yang ada hanyalah kebanggaan dan rekam jejak sejarah untuk kelembagaan.


1 Oktober 2013, lahirlah sebuah kreasi dan inovasi dalam perubahan fasilitasi pengelolaan pengaduan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri, melalui website: www.kemendagri.go.id, serta perbaikan mekanismenya yang dituangkan ke dalam penyusunan Panduan Pengelolaan Pengaduan Lingkup Kemendagri.


Perubahan aplikasi pengaduan/aspirasi masyarakat secara online tersebut, dinamakan Sarana Pengaduan dan Aspirasi kementerian Dalam Negeri (SaPA Kemendagri).


Aplikasi SaPA Kemendagri dimaksud menerapkan bentuk layanan komunikasi satu pintu yang mengakomodir dan memfasilitasi pengaduan dan aspirasi masyarakat secara online terhadap pelaksanaan pelayanan, kebijakan, program dan kegiatan lingkup Kementerian Dalam Negeri melalui website: www.sapa.kemendagri.go.id,. Dengan demikian hanya ada satu layanan pengaduan yang terintegrasi dengan seluruh komponen di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Visi dan Misi

Visi
SEBAGAI SUMBER UTAMA INFORMASI UNTUK MENDUKUNG PENYELENGGARAAN TUGAS KEMENTERIAN DALAM NEGERI


Misi

Mengembangkan strategi penerangan yang mengarah pada pembentukan citra yang tepat, pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan tugas pimpinan kenegaraan dan pemerintahan secara efektif sesuai prinsip good governance.


Mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan lembaga informasi masyarakat dan media dalam menjalankan kebijakan Penerangan secara komprehensif, sehingga mampu menyediakan informasi secara lengkap, akurat dan mengarah kepada kepentingan publik.


Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya fungsi informasi dan komunikasi melalui pusat penerangan dengan meningkatkan kualitas dan profesionalisme aparat pemerintah pusat dan daerah melalui pembekalan kemampuan SDM yang tanggap dan antisipatif akan perubahan tuntutan masyarakat, sehingga dapat menselaraskan dengan fungsi Kementerian Dalam Negeri.


Menata kelembagaan dan ketatalaksanaan dalam menciptakan iklim yang dapat mendorong terjadinya interaksi timbal balik secara terbuka dan bertanggungjawab antara masyarakat, sehingga mampu menyelenggarakan kebijakan pemerintah yang sesuai dengan kepentingan masyarakat.


Tugas dan Fungsi

Tugas
Melaksanakan penyusunan penanganan pengaduan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang penerangan masyarakat, Kementerian dan Daerah.


Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, bidang fasilitasi pengaduan menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan bahan perumusan koordinasi penanganan pengaduan masalah pemerintahan;
  2. Penyiapan bahan perumusan koordinasi penanganan pengaduan masalah pembangunan dan kemasyarakatan; dan
  3. Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan petunjuk teknis peningkatan sumberdaya manusia bidang penerangan.

Bidang Fasilitasi Pengaduan terdiri atas:

  1. Subbidang Fasilitasi Pengaduan Pemerintahan.
    Tugas
    Melakukan penyiapan bahan koordinasi penanganan pengaduan masalah pemerintahan.
  2. Subbidang Fasilitasi Pengaduan Pembangunan dan Kemasyarakatan.
    Tugas
    Melakukan penyiapan bahan koordinasi penanganan pengaduan masalah pembangunan & kemasyarakatan.

Tentang SaPa

Apa itu SAPA?
SAPA Kemendagri adalah aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Melalui SAPA, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. Aplikasi SAPA Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu. Aplikasi SAPA untuk Kemendagri dapat diakses melalui url http://www.sapa.kemendagri.go.id, Aplikasi SAPA untuk pemerintah daerah dapat diakses merujuk nama daerah dengan ekstensi go.id.
Aplikasi SAPA berjalan dalan 2 versi, desktop dan mobile.


Bagaimana SAPA beroperasi?
Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi SAPA akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait termasuk langsung kepada pemerintah daerah. Pengelola SAPA akan memantau proses ini sehingga masyarakat mendapatkan jawaban dari pihak terkait tersebut. Masyarakat dapat memantau layanan aspirasi  dan pengaduan melalui menu lacak.


Bagaimana cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui SAPA?
Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi SAPA dengan mengakses url SAPA atau melalui aplikasi mobile yang dapat di unduh di play store untuk android. (saat ini baru tersedia versi android).


Bagaimana pemerintah daerah mendapatkan aplikasi SAPA?
Pemerintah daerah dapat memperoleh dan memanfaatkan aplikasi SAPA dengan mengirim permohonan resmi ke sapa@kemendagri.go.id