Tentang pembuatan identitas

Pengaduan

Assalamu'alaikum bapak/ibu KEMENDAGRI. NAMA : RAHMAT DANI SUTOWO TTL : MEDAN 18-11-1992 USIA : 26 TAHUN Saya terlahir dari keluarga yang telah bercerai. Saya tidak memiliki data apapun sebagai syarat pembuatan E-KTP. Saya tidak memiliki surat kelahiran,ijasah/raport sekolah (sebab saya tidak sekolah) nama saya (RAHMAT DANI SUTOWO) juga belum tercantum pada KK kedua orang tua saya sebelum bercerai. Saya dulunya menjadi gelandangan & menumpang keluarga orang sana sini. Namun saya tidak pernah/belum pernah didaftarkan/mendaftarkan diri ke KK siapapun. Sebab dulu saya masih awam & belum/tidak mengetahui betapa pentingnya identitas resmi yang di sebut KTP Indonesia. Dan di usia saya yang sudah mau masuk 27 tahun, Saya sama sekali belum pernah memiliki identitas resmi apapun. Pertanyaan saya; Apakah saya dapat mendaftarkan diri untuk memiliki KTP Indonesia sedangkan saya tidak memiliki berkas apapun baik itu surat lahir, ijasah/raport sekolah, akta kelahiran & syarat² lain yg diperlukan untuk membuat KTP indonesia. Apakah saya bisa mendaftarkan diri bila syarat² tersebut tidak saya miliki ? Apakah ada alternatif lain untuk masyarakat yang dulunya adalah seorang anak broken home ? Asal saya dari Medan dan saya sekarang berada di kota Batam (Kepulauan Riau). Saya berharap sangat & memohon untuk mendapatkan solusi atas masalah Kepemilikan identitas KTP sebagai warga negara indonesia. Saya sangat² memohon kepada bapak/ibu KEMENDAGRI. Saya berharap bisa mendapatkan solusi/dispensasi atas kepemilikan KTP. Saya mohon.

Dikirim pada 02 October 2018 04:28

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Setiap penduduk berhak mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dimanapun berada, apapun statusnya. Dari penjelasan anda dapat dikategorikan anak terlantar. Terhadap pendataan penduduk rentan/terlantar sesuai dengan aturan bahwa pembinaan orang terlantar tersebut harus dibawah pembinaan Dinas Sosial. Dimana orang-orang tersebut di bawah koordinasi Dinas Sosial. Hasil Rekomendasi dari Dinas Sosial (hasil verifikasi dan validasi) data disampaikan ke Dinas Dukcapil selanjutnya akan di buatkan Surat Keterangan Orang Terlantar (SKOT) selanjutnya akan di buatkan dokumen lainnya. Oleh karena itu maka saran kami sebaiknya anda melaporkan diri dulu ke Dinas Sosial setempat. Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi pada 03 October 2018 10:14