Permasalahan NIK yang tidak terselesaikan

Pengaduan

Selamat siang, Saya Deden Lukman warga Kabupaten Bandung Barat Kecamatan Batujajar, saya ingin bertanya dan mengadukan eKTP saya yang memiliki NIK berbeda dengan tahun lahir. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam pengajuan produk Perbankan dan administrasi yang menggunakan data eKTP. 1. Perpanjangan SIM yang diverifikasi data KTP nya tidak dapat ditemukan 2. Pendaftaran kartu prabayar yang tidak bisa diproses karena NIK tidak ditemukan. 3. Pengajuan produk perbankan yang tidak lolos verifikasi data pribadi. Saya telah melaporkan ke Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat dan langsung bertemu dengan Kepala Bidang yang menangani eKTP, namun beliau tidak menjelaskan sesuatu ataupun solusi. Hal yang dapat beliau sampaikan hanya NIK tidak dapat diubah sama sekali, dan itu merugikan saya karena dimasa yang akan datang saya kesulitan untuk mengajukan KPR, Multiguna, Pinjaman bank dan lain2 karena sampai saat ini perbankan sendiri menganggap data saya tidak valid. Saya ingin NIK eKTP saya diperbaiki karena ini merugikan saya. Mohon solusi, dan prosedur untuk menyelesaikan masalah ini. Terimakasih Kemudian jawaban dari keluhan yang diberikan seperti ini : Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Pengaduan anda secara teknis tdk dapat kami jelaskan disini, jika anda tdk mendapatkan penjelasan dari Disdukcapil maka anda dapat menghubungi call center Ditjen Dukcapil di nomor 1500537 tanpa 021. Demikian jawaban kami terima kasih. SETELAH SAYA TLP CALL CENTER NYA TIDAK DAPAT MENJELASKAN PROSEDUR DAN TIDAK MENGETAHUI PROSEDUR LAYANAN MASYARAKAT. PETUGAS CALL CENTER PUN HANYA DAPAT MENGINFORMASIKAN DATA EKTP APAKAH SUDAH ONLINE ATAU TIDAK. BAHKAN KETIKA SAYA MENANYAKAN LAYANAN PENGADUAN OFFLINE PETUGAS CALL CENTER TIDAK MENGETAHUI. TOLONG DIBANTU. UNTUK SISTEM PENGADUAN DARI PEMERINTAHAN, TIDAK ADA ORANG YANG KOMPETEN UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH INI ?

Dikirim pada 24 September 2018 16:05

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Nomor Induk Kependudukan atau NIK adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. NIK berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK pertama kali diperkenalkan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan ketika Institusi Pemerintah ini menerapkan sistem KTP nasional yang terkomputerisasi. Berdasarkan keterangan diatas maka NIK tdk boleh diubah. Karena ini sdh merupakan aturan dari Pemerintah maka jika diperlukan maka anda dapat menunjukkan data dukung utk membuktikan kebenaran tgl lahir anda, seperti akta lahir, sebab NIK tdk boleh diubah (bukan tdk bisa). Demikian jawaban kami terima kasih.

Ditanggapi pada 01 October 2018 09:50