Pembuatan Akte kaelahiran

Pengaduan

Selamat siang pak / bu /admind sapa kemendagri... saya mau bikin akte kelahiran anak saya, tapi saya berasa kok di persulit, hampir 1.5 tahun akte kelahiran anak tiri saya tak kunjung jadi, ini kronologi awalnya mudah2 bapak/ibu bisa membantu permasalahan saya....kronologi awalnya sebagai berikut, dan mudah2an bapak ibu tidak bosan membacanya sampai akhir, karena ini keluhan saya....dulu / riwayat istri saya seorang perempuan yg hamil diluar nikah, dia punya anak perempuan tapi tidak kawin dan belum mempunyai akte kelahiran sampai sekarang karena tidak ada pihak keluarga yg mau membantu mengurusnya, dan akhirnya anaknya di bawa budenya ke padang dan dimasukan ke dalam kk budenya dan di dalam kk budenya tertera nama bapak kandungnya karna berdasarkan surat dari bidan, belum sempet bapak kandung anak tersebut nikah sama ibunya, bapak kandung anak tersebut sudah keburu meninggal, itu asal usul anak tersebut, baru setahun kemarin aku nikah dengan ibu dari anak itu, setelah aku nikah dengan ibu anak tersebut, akhirnya aku pingin nyekolahi anak tersebut, karna uda aku anggap anak kandung sendiri biarpun sebagai anak tiri, akhirnya aku pindahin anak tersebut ke dalam kartu keluargaku dan istriku, proses pemindahan yg memakan waktu lebih dari 1 tahun dan cukup rumit persyaratan dari kelurahan akhirnya jadi juga, dan si anak tersebut sudah masuk ke kk ku, begitu aku mau masukin sekolah pihak sekolah meminta persyaratan akte kelahiran dan kk, akhirnya ku mengurus akte kelahiran anak tersebut, dan mulailah aku mengurus akte kelahiran anak tersebut lewat bantuan rt setempat karna posisi rumah saya sangat jauh dengan kelurahan gandaria selatan, saya kerja sebagai buruh pabrik di daerah jakarta utara, karena lokasi jauh dengan domisili saya akhirnya saya sekeluarga memutuskan ngontrak di deket kerjaan saya. dan karna anak tersebut lahir di luar nikah otomatis status anak tersebut anak seorang ibu aja tanpa ayah, ok berkas aku siapin, 1. Surat keterangan lahir atau Yang biasa di sebut Surat Kelahiran dari Dokter/Bidan/Penolong Kelahiran dan 2. KTP / identitas saksi Kelahiran 3. KTP sang Ibu 4. Kartu Keluarga ( KK ) sang Ibu (otomatis kk nya pakai kk ku karna ibu anak itu sudah saya nikahi dan anak tersebut sudah ikut kk), begitu berkas persyaratan uda aku serahin, katanya proses pembuatan proses pembuatannya butuh surat nikah kedua orang tuanya, akhirnya saya datang ke kelurahan dan menjelas kan, ini anak kan lahir diluar nikah mana mungkin orang tuanya dulu punya surat nikah dan bapak kandungnya juga sudah lama meninggal udah hampir 5 tahun yg lalu meninggal, dan penerbitan akte kelahiran anak tersebut kan anak seorang ibu karna lahir diluar nikah, koq diminta surat nikah sama pihak kelurahan, akhirnya kelurahannya bilang ya uda bawain surat nikan anda yg baru karna bapak tiri harus mengetahui, ok aku pulang dari gandaria selatan jakarta selatan ke jakarta utara, besok balik lagi bawa foto copyan surat nikah yg baru karna bapak tiri harus mengetahui, seminggu kemudian ada sms dari pihak kelurahan penerbitan akte kelahiran di pending dan menyuruh saya datang lagi karna ada yg harus di tanda tangani, saya dantang cuman tanda tangan aja, dan dari pihak kelurahan tidak bilang harus ada persyaratan lagi, abis itu saya pulang lagi ke jakarta utara, selang 3 hari pihak kelurahan sms lagi proses di pending karena harus ada surat kematian bapak kandungnya, akhirnya saya datang lagi ke kelurahan gandaria selatan, saya bilang ini anak kan lahir di luar nikah kenapa begitu rumit ngurusnya, pakai buku nikah, surat kematian bapaknya, tapi begitu udah debat lama akhirnya saya ngalah karena ngikutin prosedur, hampir 2 minggu saya cari info tentang keluarga tempat tinggal bapaknya karna pingin minta surat kematian bapaknya anak tersebut....begitu uda dapet surat kematian saya serahin ke pihak kelurahan, ok proses berlanjut, seminggu kemudian pihak kelurahan minta berkas pindahan anak tersebut dari padang ke jakarta, saya datang lagi kesana dan menjelaskan ini anak kan sudah saya pindah ke jakarta masuk kk baru saya, kok masih di minta surat pindah, sedangkan berkas surat pindah di saya uda ga ada, karna semua uda aku serahin ke kelurahan waktu ngurus pindahan anak tersebut, tapi tetep pihak kelurahan menolak mengurusnya klu ga ada surat pindah anak tersebut, akhirnya aku ngalah lagi karena prosedurnya begitu aku mintain budenya yg di padang, akhirnya dimintain di kelurahan padang...ok aku datang lagi ke kelurahan gandaria selatan nyerahin surat pindah si anak yg di minta oleh pihak kelurahan, aku kirain ini yg terakhir persyaratan yg di minta, 3 hari lagi pihak kelurahan sms lg proses penerbitan akte kelahiran di pending, karna harus ada foto copyan kk anak tersebut yg lama yg waktu masih sama budenya, saya datang lagi berdebat nih anak kan uda di pindah di jakarta otomatis berkas nih anak di padang uda ga ada, kan nih anak uda aku cabut semua berkasnya yg di padang aku masukin kk ku, akhirnya debat lagi, suruh siapin kk anak tersebut yg lama...akhirnya aku pulang lagi dan menghubungi saudara saya yg di padang, masih ada ga berkas kk yg lama anak saya, kakak saya bilang data anak km kan uda ga ada di kk saya, dan lagi kakak saya posisi uda pindah ke batam ikut anaknya karna rumah yg di padang kena gusuran oleh pihak pelni. saya jadi mumet koq ngurus akte kelahiran anak bisa serumit ini hampir 1.5 tahun ga beres2...sampai2 nyerah rasanya....uda posisi hidup susah, cari duit susah, habisnya cuman buat mondar mandir ngurus akte kelahiran anak yg sampai sekarang ga kelar-kelar, alasan pihak kelurahan karena bapak kandung anak tersebut masuk ke dalam kk, dalam hati biarpun dia anak lahir di luar nikah tetapi tetep aja kan anak tersebut pasti ada bapaknya karena waktu masukin anak tersebut ke dalam kk budenya di minta surat bidan oleh pihak kelurahan,. aku mohon bantuan dan petunjuknya kepada bapak / ibu / admin kemendagri gimana caranya bisa mengurus akte kelahiran anak saya, karena foto copy an kk anak tersebut yg lama uda ga ada, dan budenya pun uda pinda ke batam ikut anaknya. saya sudah bolak-balik dari jakarta utara ke jakarta selatan mengurus akte kelahiran anak saya tapi sudah hampir 1.5 tahun ga beres2....serasa saya di permainkan dan di persulit oleh pihak kelurahan gandaria selatan, saya sudah berusaha jadi warga negara yg baik...ingin melengkapi/mengurus surat2/akte kelahiran anak saya sesua anjuran pemerintah, tapi koq di persulit kaya gini, saya sudah putus asa, mudah2 bapak / ibu / admind mendagri mau membantu dan meninjau kesulitan saya, apa karena saya orang susah sehingga di persulit kaya gini, beda sama orang2 yg kaya segala urusannya cepet beres karena bisa memberi sesuatu kepada pihak kelurahan sehingga urusannya di perlancar. terima kasih sebelumnya...salam...Agus

Dikirim pada 17 September 2018 15:12

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Saat ini program Pemerintah agar akte lahir setiap anak/penduduk dapat diselesaikan dengan bijaksana. Terkait kasus anda maka sebenarnya tdk ada neko-neko Disdukcapil tersebut utk tidak menerbitkan akte anak tersebut. Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi pada 24 September 2018 16:06