E-KTP yang tak kunjung jadi dan pelayanan kurang baik dari KECAPIL

Pengaduan

Yth. Kementrian Dalam Negeri, disini saya ingin melaporkan sekaligus mencurahkan unek-unek saya selama ini, saya telah rekam E-Ktp pada bulan awal Maret dan seharusnya minggu ketiga maret sudah bisa diambil e-ktpnya. akan tetapi pada saat saya mengambil pada awal bulan April ternyata e-ktp saya tidak ada dan dibilang foto atau muka saya tidak muncul di e-ktp tersebut. setelah itu saya diharuskan rekam ulang dan pada saat saya sudah duduk di tempat perekaman, pegawai dukcapil tsb mengatakan bahwa data saya sudah terkunci dan sudah terkirim ke pusat (Jakarta) dan saya disuruh menunggu seminggu lagi untuk mengambil e-ktp saya dan tetap saja hasilmya nihil. Lalu karna saya tidak bisa setiap minggu kesana karna adanya kesibukan kerja saya datang lagi pada bulan Juli ini dan ternyata masih belum juga dan akhirnya ktp saya baru dikatakan bio capture / error. setelah itu pihak dukcapil menyuruh saya untuk datang ke gedung dukcapil lama dan disitu saya mengantri dengan banyaknya orang-orang yang sedang menunggu seperti saya. dan saya disuruh menunggu lagi karna masuk waktu istirahat dari jam 12 sampe jam 2 SIANG , lalu akhirnya saya masuk ke dalam tempat ruangan petugas yang bisa membuka atau mengirim data e ktp ke pusat dan saya disuruh datang lagi senin dan rekam ulang. saya datang hari senin'masih belum dikirim oleh pusat dan saya ingin perekaman ternyata data saya belum ada dan katanya blm dikirim dr pusatnya". jadi, bapak atau ibu yang sangat saya hormati ada banyak hal yang sangat mengganjal hati saya selama ini 1. tidak semua orang punya waktu untuk selalu datang ke KECAPIL, orang juga punya kerjaan dan banyak yg harus dilakukan 2. Pelayanan Pegawai Negeri khususnya DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATATAN SIPIL masih kurangnya adab, etika dalam melayani masyarakat 3. Perbaiki Sistem birokrasi maupun pelayananannya 4. Yang memperhambat bukanlah masyarakat tapi kalian lah sendiri. Bila tugas itu cepat dilaksanakan, gak akan setiap hari orang sll mengantri dengan masalah seperti itu dan berkali kali datang kesana 5. Pegawai yang ada di DUKCAPIL seharusnya memberikan informasi yang jelas jangan cuma bisanya teriak, marah-marah dan kami didiamkan saja, disaat kami bertanya kami dimarah, tapi bila kami diam dan kami tiba tiba salah kami tambah dimarah. tolong bapak atau ibu baca keluhan ini dan semoga E-KTP saya cepat jadi ya dan semua orang cepat bisa punya e ktp. terimakasih.

Dikirim pada 09 July 2018 20:53

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Saat anda disuruh rekam ulang dan dikatakan terkunci di pusat artinya bahwa data anda sudah ada di pusat dan tidak boleh merekam lagi. Namun petugas tersebut kurang bisa menjelaskannya, maka kami akan menjelaskannya. Setelah kita selesai melakukan perekaman KTP-el maka selanjutnya data tersebut akan dikirim ke pusat untuk dilakukan verifikasi. Verifikasi dilakukan agar KTP-el tersebut benar-benar tunggal dan hanya dimiliki oleh satu orang saja. Karena verifikasi dilakukan secara aplikasi, maka lama tidaknya KTP-el selesai tergantung proses verifikasi tersebut. Untuk sementara anda dapat menggunakan SUKET sampai KTP-el terbit. Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi pada 10 July 2018 11:21