Pemgurusan Akta Kematian.

Pengaduan

Yth. Kementerian Dalam Negeri, Saat ini saya sedang mengurus akta kematian Ibu saya dimana domisili Ibu adalah di Batam tetapi meninggalnya di RS kota Medan karena sakit. Dari kota Medan saya telah membawa data Surat Keterangan Meninggal dari RS, Surat Keterangan Lurah Setempat, KTP, KK, Akta Kelahiran almahum dan juga KTP Saksi 2 orang. Tetapi setelah sampai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam Kota, saya diminta lagi Surat Keterangan Kematian dari Lurah di Batam dan Surat Keterangan Kematian dari Kepolisian. Pertanyaan saya surat dari Kepolisian mana? Sesuai domisili atau tempat meninggal? Apakah memang diperlukan surat keterangan kematian dari kepolisian mengingat Ibu saya meninggal secara wajar karena sakit di RS dan dari RS juga sudah memberikan surat keterangan? Saya sudah jauh jauh datang dari kota Medan ke kota Batam untuk mengurus akta kematiannya tetapi birokrasinya sangat menyulitkan. Mohon informasinya, terima kasih.

Dikirim pada 30 May 2018 11:14

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Anda sudah benar bahwa surat kematian diterbitkan dimana tempat kematian itu terjadi, biasanya dari Rumah sakit, karena meninggalnya wajar maka tdk diperlukan surat dari kepolisian. Demikian jawaban kami terima kasih.

Ditanggapi pada 05 June 2018 11:30