Proses e-KTP 2 Tahun

Pengaduan

Kepada Yth. Kemendagri, Pengaduan ini saya buat atas dasar kekecewaan saya sebagai WNI mengenai birokrasi maupun proses dalam pengambilan e-KTP. Sesuai dengan judul pengaduan ini, saya sudah mendaftarkan KTP saya menjadi e-KTP agar masa aktif KTP saya berstatus Seumur Hidup. Proses tersebut dimulai sejak 19 Juli 2016 dan saya mendapatkan Surat Keterangan Sementara Pengganti KTP-el saya. Setiap bulannya saya selalu mengecek apakah KTP saya sudah turun atau belum dengan bolak-balik ke Kelurahan maupun kantor RT setempat, pada akhirnya tanggal 04 September 2017 saya berhasil mendapatkan Surat Keterangan KTP-el saya. Saya dijanjikan oleh Kelurahan Krendang bahwa saya akan dihubungi apabila Kartu e-KTP saya sudah ada, akan tetapi kenyataannya tidak ada kontak sama sekali dan saya pun bolak-balik ke kantor RT dikarenakan informasi tentang pengambilan e-KTP di kantor RT oleh Kelurahan. Tepat pada tanggal 27 Februari 2018 saya kembali ke kantor RT dan diinformasikan bahwa e-KTP saya sudah ada. Saya pun menyerahkan Surat Keterangan kepada pak RT, akan tetapi pak RT meminta Surat Keterangan Sementara Pengganti Kartu KTP-el. Pada hari itu pun saya tidak jadi mengambil disebabkan kurangnya dokumen yang diperlukan. Status saya sekarang ada karyawan swasta dan saya sudah pindah domisili ke wilayah Tebet, Jakarta Selatan tepat pada akhir tahun 2016, dan saya harus menghabiskan waktu kosong saya hanya untuk menggambil e-KTP saya. Tanggal 28 Mei 2018, atau hari tepatnya Pengaduan ini saya buat, saya kembali lagi ke kantor RT dan mencoba mengambil Kartu e-KTP saya. Ketika saya sudah membawa dokumen saya dengan lengkap (Surat Keterangan Sementara, Surat Keterangan, Kartu Keluarga, Pas Foto, "Uang Administrasi", dll), saya pun masih tidak dapat mengambil Kartu e-KTP saya dengan alasan kekurangan dokumen yaitu Kartu Keluarga lama saya. Pertanyaannya, "Dokumen apa saja yang dibutuhkan agar saya bisa mengambil 1 lembar Kartu e-KTP?" mohon informasinya... Demikian yang ingin saya ucapkan, terima kasih. Salam, Rivaldo D. Lian Pengadu Pengambilan e-KTP 2 Tahun Lamanya Tak Kunjung Datang

Dikirim pada 28 May 2018 18:05

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Setelah kita melakukan perekaman KTP-el maka saat itu juga SUKET akan diberikan, setelah KTP-el selesai maka syarat pengambilan KTP-el tersebut hanya menunjukkan SUKET tersebut. Perlu kami jelaskan bahwa proses pencetakan KTP-el harus melalui verifikasi data setelah dilakukan perekaman. Verifikasi dilakukan agar KTP-el tersebut benar-benar tunggal dan hanya dimiliki oleh satu orang saja. Karena verifikasi dilakukan secara aplikasi, maka lama tidaknya KTP-el selesai tergantung proses verifikasi tersebut. Untuk sementara anda dapat menggunakan SUKET sampai KTP-el terbit. Demikian jawaban kami terima kasih.

Ditanggapi pada 05 June 2018 10:55