Kejelasan Pembuatan E-KTP

Pengaduan

Saya ingin mengadukan keluhan terkait pencatatan sipil kependudukan berupa E-KTP Kabupaten Bogor. Saya sudah mengajukan pencetakan/pembuatan E-KTP sejak tahun 2012 secara bertahap, mulai dari Kelurahan, Kecamatan sampak Dukcapil tetapi pihak Dukcapil selalu mengatakan dengan alasan yang sama yaitu "ketidaktersediaannya Blanko E-KTP" yang menjadi kendala kenapa E-KTP saya belum bisa dibuat. Sementara, beberapa teman saya dari berbagai tempat (masih satu domisili) yang mengajukan E-KTP >2013, 2014 dst. sudah dapat menerima E-KTP. Mohon kejelasannya. Karena saya sangat memerlukan itu untuk menerima gaji saya yang kunjung belum terbayar. Karena prosedur perusahaan, penerimaan gaji karyawan harus melalui rekening untuk menjaga transparansi data dan supaya tidak ada penggelapan. Sementara untuk pembuatan rekening bank, pihak bank hanya mau menerima identitas berupa E-KTP (Menolak Resi/pengganti E-KTP).

Dikirim pada 10 January 2018 16:32

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Saat ini blangko sudah tersedia namun keterlambatan penerbitan KTP-el bisa juga disebabkan karena harus menjalani proses verifikasi atau penunggalan NIK di data center agar tidak ada NIK ganda. Proses penunggalan dilakukan secara sistem dan bukan dilakukan operator/manusia, selama masih terjadi proses penunggalan, selama itulah kita menunggu hasilnya. Lamanya proses penunggalan berbeda seorang dengan orang lain. Untuk sementara anda dapat menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP-el (SUKET). Selama KTP belum terbit maka suket dapat diperpanjang. Atau coba di cek ulang di Disdukcapil apakah data anda masih ada atau tidak karena sudah sejak tahun 2012. Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi pada 11 January 2018 14:05