e-KTP

Pengaduan

Pak/Ibu, saya ingin mengadukan prosedur pembuatan e-KTP saya berikut. Pembuatan e-KTP sudah diajukan sejak 30 Desember 2016. Saya tanya berkali-kali untuk menanyakan status e-KTP, selalu dibilang belum jadi karena alasan blanko habis. Sekitar 2 bulan lalu setelah saya membaca berita bahwa blanko ternyata sudah ada, saya tanyakan lagi ke Dukcapil & Kelurahan, dibilang belum selesai dengan alasan status masih update data. Kemudian tidak lama yang lalu saya tanyakan lagi ke Dukcapil katanya sudah update status dan sekarang sedang dicetak, dan untuk selanjutnya saya bisa follow up langsung ke Kelurahan saja. Kemudian pagi ini, saya cek ke Kelurahan tentang e-KTP saya. Tetap saja masih belum selesai dengan alasan yang sama, yaitu belum dicetak. Tapi kali ini dibilang karena komputer ngadat. Kemudian saya diminta memberikan fotokopi KK dan suket (lagi) sebagai syarat tambahan apalah itu tidak jelas dan setelah submit itu, 2 minggu kemudian baru selesai dicetak. Jujur kata saya sangat kesal karena 1) kenapa tidak diberitahukan dulu kalau dibutuhkan dokumen tambahan yaitu fotokopi KK dan suket (padahal saya sudah tanya berkali-kali via Whatsapp, cuma dibilang "lgsg dtg ktmu mba wila aja mba biar bs dcek sdh ada atau tdknya"), 2) e-KTP belum juga dicetak padahal sudah nyaris 1 tahun, 3) entah bagaimana ceritanya butuh fotokopi KK dan suket saya lagi padahal mereka sudah punya dokumen tersebut, 4) jadinya saya perlu kembali lagi untuk submit dokumen KK dan suket kemudian tunggu 2 minggu kemudian kembali lagi untuk ambil e-KTP. Saya tidak suka dengan prosedur administrasi tambahan yang tidak dikomunikasikan terlebih dahulu seperti ini yang akhirnya merepotkan saya dan dan membuang-buang waktu saya begini. Just please do something. Ini hanya tentang ingin mendapat ID kependudukan kok sangat tidak jelas dan merepotkan begini, obviously there's something wrong in the system.

Dikirim pada 31 October 2017 11:48

Tanggapan

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Kami juga merasa prihatin atas pelayanan yang bertele-tele, hal seperti itu bukan instruksi dari atas melainkan ulah oknum, anda dapat melaporkannya ke atasannya. Keterlambatan penerbitan KTP-el disebabkan karena harus menjalani proses verifikasi atau penunggalan NIK di data center agar tidak ada NIK ganda. Proses penunggalan dilakukan secara sistem dan bukan dilakukan operator/manusia, selama masih terjadi proses penunggalan, selama itulah kita menunggu hasilnya. Untuk sementara anda dapat menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP-el (SUKET) sampai KTP-el tersebut terbit. Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi pada 06 November 2017 10:25