Sudah Perekaman E-KTP sejak 10 Juli 2015 Namun Hingga sekarang belum jadi

Pengaduan

Dear Sapa Kemendagri, Saya Hilda Rahmawati Agustin, dengan NiK : 3517065708910002, beralamat di DSN Bandaran RT.003 RW.001 Desa Mancilan Kec. Mojoagung Kab Jombang. Saya sudah melakukakn perekaman E-KTP pada tanggal 10-07-2015. Saat itu saya hanya diberi KTP manual dan akan dihubungi jika E-KTP saya jadi, namun hingga saat ini saya belum menerima E-KTP saya. Pada September 2016 saya kehilangan KTP manual saya. Saya datang ke Kecamatan pada bulan September 2016 dan juga pada Oktober 2016, saat itu saya diinfokan karena terdapat kendala pada alatnya. Ketika saya datang lagi ke Kecamatan pada bulan November diinfokan blanko E-KTP habis dan akan ada perkiraan pada Desember 2016-Januari 2017. Namun sampai saat ini blanko E-KTP belum tersedia. Saya sudah bertanya via twitter @sapakemendagri dan juga via Whatsapp kepada nomor +62 813-1525-2920 dan nomor +62 813-1525-2921 namun tidak ada respon. Ketika saya ke Dispendukcapil jombang dan bertanya mengenai surat pengganti E-KTP diinfokan saya bisa mendapatkannya namun tidak dapat mencetak E-KTP sebelum masa berlaku dari surat tersebut habis, akhirnya saya tidak jadi meminta surat pengganti tersebut, dikarenakan saya berfikir apabila blanko akan tersedia pada Januari 2017 itu berarti saya tidak dapat mencetak blanko sampai dengan April 2017(estimasi masa berlaku 6bulan sejak pencetakan), dan dari pihak dispendukcapil tidak berani menjamin apakah saya tidak akan kehabisan blanko lagi seperti saat ini. Apakah mengenai apabila kita melakukan pencetakan surat pengganti E-KTP kita tidak bisa cetak E-KTP(jika blanko sudah tersedia) sampai dengan tanggal berlakunya surat pengganti tsb habis, apakah hal tersebut perarturan dari kemendagri? Dan sampai kapan blanko E-KTP akan selalu kosong seperti ini, mengingat saat ini E-KTP adalah dokumen krusial dan kondisi saat ini saya tidak memiliki KTP hanya ada fotocopy dan foto KTP saja. Mohon bantuannya untuk kejelasan mengenai E-KTP ini sampai kapan akan selalu kosong dan bagaimana solusinya? Terima kasih. Hilda

Dikirim pada 23 January 2017 00:00

Tanggapan

<p>Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pertanyaan yang Saudara sampaikan. Saat ini blangko KTP-el belum tersedia diperkirakan akan tersedia sampai bulan Maret 2017. Kemendagri tetap mensiasati jumlah wajib KTP-el di setiap daerah dengan cara meminta datanya dari daerah yang bersangkutan, namun dalam perjalanannya kebutuhan KTP-el tersebut tetap saja tidak pas diakibatkan adanya mobilitas penduduk seperti pindah datang, KTP-el hilang yang harus diganti, rusak, usia 17 tahun (perdana) dll. Untuk mengatasi kekurangan blangko, bagi penduduk yang telah melakukan perekaman, petugas akan memberikan Surat Keterangan yang mengatakan bahwa penduduk yang bersangkutan sudah melakukan perekaman KTP-el. Surat Keterangan tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan Pilkada, Pilkades dll (sesuai dengan layaknya KTP-el). Data yang tertulis pada Surat Keterangan tersebut sama persis dengan data yang ada pada KTP-el yang sebenarnya.  Surat Keterangan tersebut dapat diperoleh ditempat dimana anda melakukan perekaman. Surat Keterangan tersebut berlaku sampai blanko KTP-el tersedia.</p> <p>Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.</p>

Ditanggapi pada 11 September 2017 18:08