Duplikat Data, Double Rekam dan Usaha karena Informasi Data yang TIDAK JELAS DAN KESALAHAN SISTEM

Pengaduan

NIK : 3273016806910003 Kelurahan : Sarijadi Kecamatan : Sukasari Tahun 2012 Saya melakukan rekam data ektp sesuai alur dan aturan. Tetapi dari 6 anggota keluarga saya yang melakukan rekam data, hanya SAYA SENDIRI yang TIDAK JADI2 EKTP nya sampai 2013. Tahun 2013 Saya akhirnya memperpanjang ktp biasa saya dan mengikuti alur ke sana sini dari RT RW Sekretaris Kelurahan sampai Kecamatan. Lalu jadi KTP BIASA nya. Tahun 2016 Bulan September ada aturan dan sosialiasai untuk rekam data bagi yang ektpnua belum ada. Saya ikuti aturan dan alurnya. Saya antri lagi daftar lagi. Dan saat masuk ke rekam data, operator mengkonfirmasi bahwa NIK saya benar tetapi rekam datanya tidak ada. (Lalu rekam data 2012 itu kemana? Entah bagaimana saya sudah geleng2 dan terima nasib saya mungkin saya apes.). Saya foto lagi, scan mata lagi, sidik jari lagi dsb. Bulan Desember, tepat hari ini tgl 22 Des 2016, saya datang ke kecamatan untuk konfirmasi hasil ektp saya. Lalu, katanya belum jadi ektpnya, cuman akan dibuatkan surat keterangan dari DisDukCaPil sebagai surat keterangan pengganti ektp yang baru. Tetapi ada masalah lagi, katanya data saya DUPLIKAT REKAM dan harus mengurus lagi konfirmasinya ke Disdukcapil dan Kementrian Dalam Negri untuk data sayanya. Hal ini bagi saya mengecewakan ya, karena: 1. Data 2012 katanya tidak terekam jadi saya sebagai WNI yang baik mengikuti alurnya sudah ke sana sini tetapi sekarang dinyatakam double rekam karena 2016 saya rekam ulang. 2. Data 2016 itu sudah update potonya karena sudah menggunakan hijab dan usahanya juga sudah saya lalui, tetapi informasi dari operator di kecamatan, datanya kemungkinan yang 2012, tetapi dari 2013 saya tidak terpenuhi ektp saya. Yang saya inginkan, Mohon kejelasan konfirmasi tentang duplikat data saya ini sehingha surat keterangan baru dan bahkan kejelasana ektp saya beres atau tidak itu bisa sesegera mungkin terselesaikan karena waktu dan usaha yang saya gunakan untuk mengurua ini semua dari 2012 sampai sekarang cukup membuat saya Sangat Kecewa dan cukup Menyebalkan bagi saya. Terima kasih untuk perhatian. Mohon ada konfirmasi dan tanggapannya.

Dikirim pada 21 December 2016 00:00

Tanggapan

<p>Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pertanyaan yang Saudara  sampaikan.  Kesalahan-kesalahan bisa saja terjadi, terlepas dari siapa dan dimana letak kesalahannya itu termasuk dalam penggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ganda. Kami  sarankan agar Anda menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,  karena kami di Pusat secara teknis tidak dapat memperbaikinya jika tidak ada pemberitahuan secara tertulis dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerah Saudara kecuali ada surat secara tertulis yang menyatakan NIK ganda dan minta diperbaiki oleh Pusat. Demikian untuk menjadi perhatian Saudara dan terima kasih.</p>

Ditanggapi pada 11 September 2017 18:08