KTP YANG BELUM JADI



Saya mau mengadukan untuk permasalahan ktp saya yg belum jadi sampai hari ini..saya sudah pernah menanyakan kepada pihak kelurahan bahkan sampai bolak balik untuk menanyakan ktp saya,tp jawaban dr pihak kelurahan tetap sama,yaitu belum jadi,dan terakhir kali nya saya menanyakan kenapa sampai begitu lama nya proses pembuatan ktp saya,dan masalah nya di blanko ktp yg habis..saya minta tolong untuk membantu proses ktp saya,karena tanpa ktp saya susah untuk mengurus hal hal lain,dan sekarang jg resi ktp yg saya punya itu sudah habis masa berlaku nya,dan saya jg sudah meminta kepada pihak kelurahan untuk memperpanjang kembali masa berlaku resi saya,bahkan saya di minta biaya untuk perpanjang masa berlaku resi ktp. Pertanyaan saya dr point resi ktp tersebut. Apakan perpanjang resi ktp memerlukan biaya administrasi? Sekian dan terima kasih Saya berharap pengaduan/keluhan saya ini dapat terjawab secepat nya..
Dikirim Pada 10 Agustus 2017

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara  sampaikan.

Jika KTP-el belum terbit anda dapat menggunakan Surat Keterangan pegganti KTP-el (SUKET) yang dapat dipergunakan untuk Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan Pilkada, Pilkades dan kebutuhan lainnya sesuai kebutuhan daerah.

Hal ini sesuai dengan SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.  Suket tidak memakai masa berlaku, namun jika ada masa berlakunya tidak dipungut biaya, yang memungut biaya itu mungkin adalah oknum yang dapat dilaporkan ke atasannya.

Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi Pada 14 Agustus 2017
N/A

Lihat semua pengaduan »

 


20170002360

10 Agustus 2017

Frandy winata