PRIORITAS BLANKO EKTP, DAN BAGAIMANA CARA MENGETAHUI STATUS EKTP KITA SUDAH SIAP ATAU BELUM?



Halo, saya membaca berita dari sumber kredibel yang mengatakan bahwa sedikitnya blanko yang tiba di Medan membuat DISDUKCAPIL memprioritas kan yang belum memiliki EKTP dan berumur kurang dari 24 tahun untuk menerima EKTP baru. Yang ingin saya tanyakan, apakah kita sebagai penerima KTP akan dikabari jika EKTP nya sudah selesai? dikarenakan tidak mungkin jika kita sebagai penerima harus mendatangi DISDUKCAPIL setiap harinya. Saya sudah 1.5 tahun belum menerima KTP semenjak melakukan perekaman awal tahun lalu, dan jujur saja hidup di Jakarta tanpa KTP membuat saya merasa dicurigai/disudutkan oleh pihak-pihak BANK dan lain-lain. Jadi saya ingin menanyakan, gimana caranya saya dapat memastikan bahwa memang yang prioritas itu benar? contohnya ya agar saya bisa segera dapat. Dikarenakan saya sering melihat adanya penyelewengan di daerah saya. Terimakasih.
Dikirim Pada 10 Agustus 2017

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara  sampaikan.

Pemberitahuan sudah terbitnya KTP-el anda tergantung petugas setempat, biasanya mereka akan mengumumkan di papan pengumuman kantor karena tidak mungkin mereka memberithu satu persatu ke penduduk. Untuk itulah sesekali kita harus memantau pemberitahuan tersebut.

Jika KTP-el belum terbit anda dapat menggunakan Surat Keterangan pegganti KTP-el (SUKET) yang dapat dipergunakan untuk Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan Pilkada, Pilkades dan kebutuhan lainnya sesuai kebutuhan daerah.

Hal ini sesuai dengan SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi Pada 14 Agustus 2017
N/A

Lihat semua pengaduan »

 


20170002352

10 Agustus 2017

Kepin Pardosi