CETAK ULANG E-KTP



Saya kehilangan E-KTP domisili medan semenjak februari lalu. Setelah mencari tau dari banyak sumber, saya menemukan artikel berikut: http://jateng.tribunnews.com/2016/08/02/kemendagri-tegaskan-cetak-e-ktp-bisa-di-luar-wilayah-domisili-caranya-begini. Dari artikel tersebut, saya melihat bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri RI Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional, saya seharusnya bisa melakukan pencetakan e-ktp saya yang hilang di jakarta. Namun, saat saya pergi ke kantor Dispendukcapil, saya diberitahukan bahwa saya tidak bisa melakukan pencetakan dikarenakan blanko yang masih belum tersedia. Namun saya telah melihat di internet bahwa blanko sudah mulai didistribusikan kembali ke semua daerah di Indonesia. Pertanyaan saya, kenapa saya tidak bisa mencetak e-ktp saya yang hilang di Jakarta? Bukankah ini bertentangan dengan peraturan yang telah diedarkan? Saya juga diberi informasi saat di dispendukcapil bahwa saya sebaiknya langsung pergi ke kantor departemen dalam negri untuk melakukan pencetakan, apakh ini benar? Mohon bantuannya karena saya sangat membutuhkan e-ktp untuk keperluan pembuatan paspor dan lainnya.
Dikirim Pada 13 Juli 2017

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara  sampaikan.

Permendagri No.8 Tahun 2016 benar adanya namun saat ini blangko sedang dalam proses pendistribusian. Bagi penduduk yang belum memiliki KTP-el dapat menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP-el (SUKET) yg dapat dipergunakan untuk Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan Pilkada, Pilkades dan kebutuhan lainnya sesuai kebutuhan daerah.

Hal ini sesuai dengan SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi Pada 18 Juli 2017
N/A

Lihat semua pengaduan »

 


20170001849

13 Juli 2017

Siti Munawaroh