AKTA KELAHIRAN



selamat pagi pak..saya mau melaporkn,saya kehilangn akta kelahiran,dan saya mau di terbtkn pengganti akta kelahiran saya yg hilang..dan saya sudh ke kntor disdukcapil domisili saya,dan katanya bisa di kluarkn pengganti,tp hrus mnunggu surat koordinasi dr disdukcapil penrbit srmula,dan itu memakn waktu 3 sampai 6 bulan.dan saya di sarankn saja utk buat di disdukcapil semula tempat di terbitknnnya..tp dr disdukcapil penerbit akta kelahiran saya malah makin ribet..saya di suruh pindah domisili lg..itu bagaimana pak..?knp menerbitkan kutipan pengganti akta kelahiran yg hilang jauh lebih susah drpd bikin yg baru?
Dikirim Pada 17 Februari 2017

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara  sampaikan.

Akta Kelahiran yang hilang dapat diganti oleh Instansi Pelaksana (Disdukcapil) setempat yang menerbitkan atau UPT Instansi Pelaksana dengan menyertakan Surat Keterangan hilang dari Kepolisian. Dasar penerbitannya menggunakan kutipan akta kelahiran atau fotocopy. Hal ini sesuai dengan Permendagri No. 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran, pasal 29 ayat 1 dan 2.

Pasal 30 ayat 1 : Instansi yang menerbitkan kutipan kedua akta kelahiran adalah Instansi tempat penduduk berdomisili setelah lebih dahulu berkordinasi dengan instansi pelaksana yang menerbitkan (pertama) ayat 2.

Demikian jawaban kami terima kasih

Ditanggapi Pada 17 Februari 2017

Lihat semua pengaduan

 


20170000438

17 Februari 2017

Darlis