Blog

Apa itu SAPA?
SAPA Kemendagri adalah aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Melalui SAPA, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. Aplikasi SAPA Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu. Aplikasi SAPA untuk Kemendagri dapat diakses melalui url http://www.sapa.kemendagri.go.id, Aplikasi SAPA untuk pemerintah daerah dapat diakses merujuk nama daerah dengan ekstensi go.id.
Aplikasi SAPA berjalan dalan 2 versi, desktop dan mobile.

Bagaimana SAPA beroperasi?
Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi SAPA akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait termasuk langsung kepada pemerintah daerah. Pengelola SAPA akan memantau proses ini sehingga masyarakat mendapatkan jawaban dari pihak terkait tersebut. Masyarakat dapat memantau layanan aspirasi  dan pengaduan melalui menu lacak.


Bagaimana cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui SAPA?
Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi SAPA dengan mengakses url SAPA atau melalui aplikasi mobile yang dapat di unduh di play store untuk android. (saat ini baru tersedia versi android).

Bagaimana pemerintah daerah mendapatkan aplikasi SAPA?
Pemerintah daerah dapat memperoleh dan memanfaatkan aplikasi SAPA dengan mengirim permohonan resmi ke sapa@kemendagri.go.id

 

Sep 14, 2016 12:00:00 AM